Selasa, 13 Juli 2010

KOMPUTER

1. Sejarah Komputer
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang disebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646 - 1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, dan dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Pada tahun 1822 Babbage, menemukan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860 - 1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
Berdasarkan generasinya, komputer dapat dibagi menjadi:
a. Generasi zeroth (1834 - 1943), yaitu generasi dimana komputer bekerja dengan cara mekanis, tidak menggunakan energi listrik. Sumber energi bisa dari manual atau manusia, maupun dari mesin uap. Contoh komputer generasi ini adalah mesin analitis buatan Charles Babbage dan mesin tabulasi untuk perhitungan sensus buatan Hollerith.
b. Generasi pertama (1943 - 1955), yaitu generasi komputer elektronik pertama. Generasi ini ditandai dengan penggunaan tabung vakum untuk pemrosesan data. Komputer pertama yang bekerja secara elektronik adalah mesin COLOSSUS buatan Inggris. Selain itu juga terdapat mesin ENIAC, EDSAC, dan UNIVAC.
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaanraksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
c. Generasi kedua (1955 - 1965), yaitu generasi komputer yang menggunakan transistor yang lebih kecil dari tabung vakum. Contoh dari komputer pada generasi kedua adalah TX-0 dari MIT, PDP-1, PDP-8, 7090, 7094, dan 1041 dari IBM.
d. Generasi ketiga (1965 - 1980), yaitu generasi komputer yang menggunakan IC (Integrated Circuit). Meskipun penggunaan IC dapat memperkecil ukuran komputer, tapi komputer pada jaman tersebut masih tergolong besar ukurannya. Contoh komputer generasi ini adalah IBM 360, PDP-11, dan 8080 dari Intel.
e. Generasi keempat (1980 - sekarang), yaitu generasi komputer yang menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yang dapat menampung sampai ratusan ribu transitor dan ULSI (Ultra Large Scale IC) yang dapat menampung jutaan transistor dalam satu chip. VLSI (Very Large Scale IC) diperlihatkan pada gambar 2.6.
Generasi ini merupakan awal dari munculnya komputer pribadi (Personal Computer) atau Micro Computer. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
2. Definisi Komputer
Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
Berikut definisi komputer menurut beberapa ahli :
a. Hamacher, berpendapat bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
b. Blissmer, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu, menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi
c. Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
d. Sanders, berpendapat bahwa komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Komputer modern merupakan sistem yang kompleks. Secara fisik, komputer tersebut terdiri dari beberapa bagian seperti prosesor, memori, disk, pencetak (printer), serta perangkat lainnya. Perangkat keras tersebut digunakan untuk menjalankan berbagai perangkat lunak aplikasi (software aplication). Sebuah sistem operasi merupakan perangkat lunak penghubung antara perangkat keras (hardware) dengan perangkat lunak aplikasi penyusunan rekord data, organisasi dan penyimpanan file, menerjemahkan bahasa-bahasa komputer ke dalam bahasa mesin, menjadwalkan pekerjaan sebuah sistem komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar